Performnite

Mengenal Solid Surface

Mengenal Lebih Dekat Solid Surface Material

Jika dilihat sekilas saja, solid surface merupakan material yang terlihat mirip seperti granit dan marmer. Biasa digunakan untuk bahan permukaan meja dapur. Tapi saat diperhatikan lebih detail lagi, antara marmer, granit dan solid surface tidak sama.

Solid surface dibuat dari campuran bahan polyester dan acrilic. Inilah mengapa bahan ini disebut sebagai bahan sintetis. Selain digunakan untuk bahan pelapis meja dapur, bahan ini juga sering ditemukan pada pelapis lantai dan dinding.

Karakteristik Solid Surface Material

Meski sekilas nampak seperti marmer atau granit, namun material solid surface ini memiliki karakteristik yang khas yaitu antara lain :

1. Ringan

Jika marmer dan granit membutuhkan banyak tenaga untuk membawanya ke lokasi pembangunan, tapi tidak dengan solid surface. Karena bahan ini tergolong cukup ringan. Sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga seperti granit dan marmer.

2. Permukaannya Licin

Dibandingkan dengan granit dan marmer, solid surface memiliki bahan dengan permukaan yang lebih licin. Inilah mengapa lebih banyak digunakan untuk pelapis meja dapur. Dibanding untuk pelapis lantai.

Alasannya sederhana. Karena mudah untuk dibersihkan. Sedangkan jika digunakan untuk pelapis lantai, cenderung membahayakan. Sifat licinnya akan akan bertambah berkali lipat jika dalam keadaan basah.

3. Berpori-pori Kecil

Solid surface memiliki pori-pori yang cenderung kecil. Karakter ini juga yang menjadi alasan mengapa lebih sering digunakan untuk dapur. Kotoran bekas makanan dan masakan bisa langsung dibersihkan. Tidak akan menyerap hingga bagian dalam material.

Kelebihan Solid Surface Material

Dari beberapa karakter di atas, solid surface memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki granit atau marmer. Antara lain :

1.  Memiliki Banyak Ragam Ukuran dan Motif

Solid surface merupakan jenis bahan sintetis. Sehingga memiliki banyak varian ukuran, motif dan warna. Pengguna bisa memilih ukuran, warna, dan motif sesuai kebutuhan dan keinginan.

Mulai dari warna cerah, pastel, hingga gelap. Warna dan motif ini bisa disesuaikan dengan anggaran dan desain ruangan.

2.  Lebih Mudah dipindahkan

Pada saat pembangunan, ada kalanya perlu memindahkan material dari satu tempat ke tempat lainnya. Membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Tapi anda tidak perlu khawatir.

Bobot solid surface cukup ringan. Tidak diperlukan tenaga berlebihan untuk memindahkannya. Tidak seperti material lain yang mungkin diperlukan tenaga cukup banyak untuk memindahkannya.

3.  Bisa dipasang Melengkung

Ada kalanya anda menginginkan desain meja dapur yang melengkung. Sayangnya ini tidak bisa dilakukan jika menggunakan marmer ataupun granit. Karena sifat materialnya yang kaku.

Berbeda jika menggunakan solid surface. Model meja dapur yang melengkung bisa tetap anda dapatkan dengan mudah. Karena material ini lebih fleksibel. Sehingga mudah untuk dipasang bengkok atau melengkung.

4.  Lebih Tahan Benturan

Meja dapur tidak seperti meja tamu atau meja lainnya yang jarang tergores atau terbentur benda keras. Pada aktifitas memasak selalu ada risiko meja terbentur dengan material yang keras.

Tentu ini akan menjadi masalah jika menggunakan marmer atau granit. Karena kedua material ini tidak tahan benturan.

Tapi berbeda jika menggunakan solid surface. Meja dapur akan lebih awet meski sering terkena benturan benda keras. Hal ini disebabkan karena material ini memiliki sifat tahan terhadap benturan benda keras dan tajam.

5.  Bisa dipoles Ulang

Permukaan meja dapur terlihat kusam? Tidak masalah jika anda menggunakan solid surface material. Cukup sedikit poles saja, permukaan meja akan terlihat baru lagi.

Itulah beberapa karakteristik dan kelebihan solid surface. Meski lebih awet dan kuat dibandingkan material marmer dan granit, tapi ternyata harganya lebih terjangkau.

Bagaimana? Anda tertarik?

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.