Performnite

Apa Itu Solid Surfac

Apa Itu Solid Surface? Ini Penjelasan, Kelebihan & Kekurangannya

Solid surface adalah material alas meja dan lantai yang merupakan bagian dari sebuah konstruksi bangunan. Solid surface adalah material sintetis yang terbuat dari campuran resin dan akrilik.

Untuk Anda yang hendak menggunakan solid surface, hendaklah mengetahui ciri, karakteristik, serta kelebihannya. Simak artikel berikut yang akan membahas solid surface, diantaranya:

  • Apa Itu Solid Surface?
  • Ciri atau Karakteristik Solid Surface
  • Kelebihan Solid Surface

Apa Itu Solid Surface?

Solid surface adalah material tiruan dari granit dan marmer. Hal ini dikarenakan bahan bangunan tersebut memang sengaja diproduksi sedemikian rupa agar mempunyai rupa menyerupai material granit atau pun material marmer.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat solid surface umumnya terdiri dari akrilik, polyester, dan pigmen warna.

Kebanyakan orang mengaplikasikan solid surface pada meja dapur (top table) maupun lemari kabinet. Karena mempunyai pori-pori yang sangat kecil, permukaan meja yang dilapisi dengan solid surface tidak akan mudah kotor.

Ada pula beberapa yang mencoba memasang material ini pada dinding bangunan. Namun sayangnya, solid surface kurang cocok digunakan untuk menutupi lantai karena tekstur permukaannya yang cukup licin. Biasanya, akrilik yang digunakan memiliki campuran pigmen warna atau butiran marmer. Karena berasal dari campuran berbagai bahan inilah material ini disebut sintetis.

Ciri atau Karakteristik Solid Surface

Jika Anda berniat menggunakan solid surface, maka untuk membedakan material campuran resin dan akrilik ini dengan granit atau marmer, Anda harus memperhatikan karakteristik atau ciri khasnya sebagai berikut.

Permukaan yang Licin

Solid surface memiliki ciri utama, yakni permukaannya licin dan mirip granit atau marmer. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati jika mengaplikasikan material ini sebagai lantai rumah. Baiknya material ini tidak digunakan untuk lantai.

Ringan

Salah satu hal yang membedakan material sintetis ini dengan material granit atau marmer adalah bobotnya yang ringan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memindahkan dan memasangnya.

Pori-Pori Kecil

Selain licin, karakteristik utama material solid surface adalah memiliki pori-pori yang kecil. Dengan begitu perlu Anda ketahui bahwa, material ini tidak akan menyerap kotoran dan air.

Fleksibel

Salah satu alasan banyak orang menggunakan material ini adalah memiliki tingkat fleksibilitas yang baik. Ini akan memudahkan saat memvariasikan bentuk alas meja atau lantai.

Kelebihan Solid Surface

Solid surface memiliki beberapa kelebihan, salah satunya memiliki banyak varian. (Foto: Formatopusa.com)
Sebelum memilih solid surface sebagai bagian dari material di rumah Anda, simak 6 kelebihan solid surface dibawah ini:

Lebih Kuat

Benturan artinya tumbukan dari benda tumpul. Biasanya keramik, marmer, atau granit yang terbentur dengan tekanan yang cukup kuat akan menjadi pecah berkeping-keping.

Namun berbeda dengan solid surface, material ini memiliki ketahanan yang tinggi apabila dikenai benturan yang kuat. Ini disebabkan solid surface mempunyai susunan pori-pori yang kuat sehingga materialnya menjadi tidak getas.

Lebih Ringan

Dibandingkan dengan marmer atau granit, bobot yang dimiliki oleh solid surface jauh lebih ringan. Bahan-bahan pembentuknya yang terdiri atas akrilik, polyester, dan pigmen warna menghasilkan jumlah bobot yang tidak terlalu berat.

Itulah kenapa solid surface lebih banyak digunakan untuk menutupi permukaan meja dibandingkan dengan material lainnya.

Berikut adalah contoh video project Top Tabel Solid Surface.

Banyak Pilihan

Seakan tidak mau kalah dengan keramik, pabrik pembuat solid surface kini memproduksi material ini dengan beraneka ragam variasi warna, motif, dan bentuk. Tidak hanya solid surface yang bercorak menyerupai granit, bahkan saat ini sudah banyak solid surface yang memiliki corak menyerupai batu alam yang lainnya.

Tentu saja ini merupakan sebuah kabar baik karena akan memudahkan Anda dalam menentukan mana solid surface yang paling tepat sesuai desain yang ingin dibuat.

Elastis

Tahukah Anda, solid surface mempunyai tingkat elastisitas yang cukup baik. Hal ini membuatnya bisa dibending atau dibengkokkan untuk menciptakan kesan tertentu. Tidak hanya itu, solid surface pun dapat disambung dengan garis pertemuan pada sambungan yang nyaris tidak kelihatan.

Bisa Dipoles Ulang

Walaupun solid surface mempunyai tingkat ketahanan yang tinggi, tetapi permukaannya lambat laun bisa mengalami kerusakan.

Sebagai contoh, warnanya menjadi pudar serta adanya goresan di beberapa sudut permukaannya. Namun Anda tidak perlu khawatir, semua kerusakan tersebut bisa diatasi dengan memoles permukaannya kembali.

Mudah Dibersihkan

Salah satu penyebab kenapa permukaan suatu material cepat kotor adalah besarnya pori-pori penyusunnya sehingga kotoran akan tertahan di dalam pori-pori tersebut.

Berbeda dengan solid surface yang mempunyai pori-pori berukuran sangat kecil dengan tekstur yang cukup licin. Secara praktis, kotoran pun tidak akan terjebak di dalam pori-pori penyusun solid surface. Kalau pun kotor, permukaan solid surface ini gampang sekali dibersihkan.

Jika anda membutuhkan solid surface untuk top table meja dapur, meja resepsionis, dll Anda bisa menghubungi kami di nomor yang ada dibawah ini untuk konsultasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat!